Ketika sahabat Jakarta memutuskan untuk membuka usaha ataupun kantor dan berniat untuk menyewa kantor maka sahabat Jakarta harus mengetahui biaya-biaya apa saja yang sahabat Jakarta harus siapkan budgetnya, sehingga pada saat menyusun budget perusahaan sahabat Jakarta sudah memiliki bayangan apa sajakah biayanya.

Berikut ini Sunny akan mencoba memberikan informasi tentang biaya-biaya sewa kantor :

1. Biaya Sewa / Rental Charge

Jika Anda membaca di Terms and Condition suatu Gedung perkantoran, biasanya tertulis bahwa Rental Charge : Rp 125.000,- / sqm / month, itu artinya biaya sewa ruangan adalah Rp 125.000,- per meter persegi per bulan. Ada juga rate rental charge gedung di dalam USD, misal USD 20 / sqm / month, nah untuk rate dalam dollar seperti ini Anda harus memastikan kepada Gedung tempat Anda akan menyewa, apakah dollarnya di pack atau sesuai rate yang berjalan, sebaiknya Anda memilih rate yang sudah di pack sehingga Anda aman dari kenaikan nilai tukar dollar yang tidak dapat diprediksi dimasa datang. Misalnya gedung mempack 1 USD nya adalah Rp 9500, jadi walaupun nilai tukar dollar nantinya naik atau turun, Anda tetap di harga Rp 9500 untuk 1 USD nya. Rental Charge biasanya dibayarkan setiap 3 bulan dimuka / quarterly in advance.

2. Biaya Pelayanan / Service Charge

Service charge adalah biaya pelayanan dari Building Management dimana melingkupi biaya kebersihan, biaya keamanan dan maintenance Gedung. Beberapa Gedung biasanya gedung lama service charge itu sudah termasuk biaya listrik yang Anda gunakan selama jam operasional gedung, tapi di gedung-gedung baru biasanya biaya listrik tidak include di dalam service charge. Untuk kebersihan diluar unit kantor Anda maka Gedung yang akan memeliharanya dengan menyediakan jasa cleaning service, akan tetapi kebersihan didalam unit kantor Anda menjadi tanggungan Anda sendiri. Lalu keamanan Gedung juga mereka siapkan tenaga security beserta peralatan pendukung seperti CCTV, metal detector, bomb detector, smoke detector, sprinkler, alat pemadam kebakaran, fire alarm, dsbnya. Building management juga menyediakan genset yang dapat memback-up 100%, tenaga teknisi, parking service dan tenant relation. Service charge juga dibayarkan per tiga bulan dimuka / quarterly in advance.

3. Biaya Jaminan / Security Deposit

Security deposit adalah biaya jaminan yang tenant bayarkan kepada gedung. Biasanya security deposit sebesar 3 x (Rental + Service Charge) yang dibayarkan di awal sebelum Anda memulai sewa. Security deposit ini berguna untuk sebagai jaminan untuk gedung bila terjadi hal2 yang tidak diinginkan seperti misalnya jika tenant tidak menyelesaikan masa sewa sesuai kontrak yang telah disetujui diawal, maka gedung akan menghanguskan security deposit tersebut. Atau jika tenant tidak melunasi biaya2 atau mungkin melakukan tindakan pelanggaran atau menimbulkan kerusakan pada gedung, maka gedung bisa memotong dari security deposit tersebut sebagai gantinya. Namun apabila tenant menyewa sampai akhir masa sewa sesuai komitmen awal maka security deposit tersebut akan dikembalikan seutuhnya kepada tenant. Security deposit ini tidak dikenakan pajak 10% oleh Gedung, tidak seperti service charge dan rental charge.

4. Biaya Lisrik

Bagi Anda yang menyewa di gedung yang biaya listriknya tidak include di service charge, maka biaya listrik harus Anda bayarkan lagi sesuai pemakaian Anda. Pihak Gedung akan menyediakan KWH meter sendiri untuk Anda, jadi setiap bulannya Anda akan menerima tagihan listrik dari pihak Gedung. Tapi ada juga Gedung yang didalam service charge nya sudah include AC, jadi biaya listrik Anda hanya listrik diluar AC.

5. Biaya Telepon

Saat Anda akan meyewa ruang kantor, Anda akan memilih nomor telepon yang sudah disediakan oleh gedung, biasanya akan ada biaya deposit telepon. Guna dari biaya deposit telepon tersebut adalah sebagai uang jaminan jika tenant tidak melunasi biaya teleponnya dan meninggalkan gedung begitu saja, akan tetapi sama seperti security deposit, biaya deposit telepon ini bersifat refundable artinya akan dikembalikan seutuhnya diakhir masa sewa. Biaya telepon akan Anda bayarkan sesuai pemakaian Anda dan tagihan serta pembayarannya akan langsung Anda bayarkan ke Telkom.

6. Biaya Internet

Setiap management building biasanya sudah bekerjasama dengan provider seperti Biznet, CBN, Lintasarta, Speedy, First Media dsbnya sehingga Anda tinggal memilih provider mana yang ingin Anda gunakan, untuk biayanya tergantung dengan pilihan paket kecepatan yang Anda ingin gunakan.

7. Biaya Parkir

Parkir di gedung perkantoran saat ini cukup mahal, maka ada baiknya Anda berlangganan parkir, biasanya gedung menyedikan parkir langganan bulanan, triwulan dan tahunan. Ada parkir reserved dan unreserved.

8. Biaya langganan TV Cable

Bagi Anda yang memerlukan layanan TV Cable di kantor Anda maka biasanya gedung bekerjasama dengan penyedia layanan jasa seperti Indovision, First Media, Okevision, dsbnya. Sama seperti internet maka untuk biaya langganannya tergantung dari paket yang Anda pilih dan Anda membayar setiap bulannya langsung kepada si penyedia jasa.

9. Biaya renovasi / fitting out

Jika Anda menyewa ruang kantor yang kondisinya masih bare / kosong, maka Anda perlu melakukan renovasi. Jasa kontaktor atau interior design diperlukan disini. Untuk biaya renovasi ini relatif tergantung dari material yang Anda pilih, banyaknya ruangan, luas area, pemilihan furniture juga. Biayanya biasanya Rp 2-5 juta per meter perseginya, dengan waktu pengerjaan antara 1-3 bulan tergantung luas area sewa.

10. Biaya Over Time

Yang terakhir adalah biaya overtime, jika Anda biasa bekerja hingga malam maka Gedung akan mengenakan biaya overtime kepada Anda, karena butuh cost tambahan yang gedung keluarkan untuk menyalakan lift, menyalakan AC dan listrik diluar jam operasional gedung, menyalakan lampu koridor dan menyediakan layanan cleaning service untuk kebersihan toilet di lantai Anda.

Demikian beberapa point biaya yang dapat saya sampaikan, semoga penjelasan dari saya dapat membantu Anda sekalian untuk mempersiapkan budget untuk menyewa ruang kantor. Salam Sukses !!!

 

Categories: Artikel

Comments are closed.