sewa kantor jakarta

Setiap bisnis atau usaha mulai dari jasa konsultan, ritel ataupun gym, cepat atau lambat akan diperhadapkan dengan suatu pilihan yaitu membeli atau menyewa ruang kantor. Setiap jenis usaha akan memiliki keputusan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa faktor yang harus dipertimbangkan :
1. Faktor Pembiayaan/ Pengeluaran.
Jika Anda menyewa ruang kantor maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang dengan nominal besar dimuka. Contohnya : Jika Anda membeli ruang kantor dengan luasan 100 m2, maka harga belinya mungkin Rp 40.000.000,-/ m2 tetapi jika Anda menyewa ruang kantor dengan luasan yang sama, harga sewanya mungkin hanya Rp 200.000,- / m2. Sehingga bagi perusahaan yang baru berdiri sebaiknya menyewa kantor terlebih dahulu, disarankan kalo pun menyewa dengan jangka waktu sewa yang tidak terlalu lama, sehingga jika seandainya bisnis Anda kurang berjalan lancar Anda tidak akan menderita kerugian yang berarti. Carilah ruang kantor yang sudah ada partisi nya (semi furnished) sehingga biaya renovasi dapat lebih ditekan.
2. Faktor Budgeting.
Salahsatu resiko kalau Anda menyewa ruang kantor maka pada saat masa sewa Anda berakhir terkadang Landlord semena-mena menaikkan harga sewa menjadi cukup tinggi dari yang ada sekarang sehingga Anda cukup kerepotan untuk memperhitungkan dalam budget Anda.
3. Faktor Pertumbuhan Bisnis.
Pertumbuhan bisnis dalam suatu usaha pasti diharapkan oleh setiap pengusaha, tetapi terkadang dengan adanya pertumbuhan dapat menimbulkan masalah, seperti masalah kurang besarnya ruang kantor. Mungkin pada awal usaha Anda hanya memiliki 10 orang karyawan, tapi dengan bertumbuhnya usaha Anda maka jumlah karyawan bertambah menjadi 20 orang. Nah jika Anda di awal sudah membeli ruang kantor dengan luasan 100 m2 maka Anda menjadi kekurangan space, tetapi jika Anda menyewa ruang kantor, mungkin tidak terlalu sulit jika Anda ekspansi di gedung yang sama atau mungkin Anda pindah ke gedung baru dengan luasan yang lebih besar. Tetapi jika Anda sudah memiliki ruang kantor, pertimbangan-pertimbangan Anda utk ekspansi tidak semudah jika Anda menyewa.
4. Faktor Penghargaan.
Jika Anda membeli ruang kantor maka Anda memiliki sertifikat hak milik sehingga perusahaan Anda menjadi lebih diperhitungkan atau berimage baik karena memiliki kantor dengan alamat tetap dan milik sendiri. Disatu sisi dengan Anda memiliki ruang kantor sendiri Anda memiliki Asset yang sewaktu-waktu Anda dapat jual kembali dengan harga lebih tinggi. Atau mungkin juga Anda dapat menyewakan kepada pihak lain sehingga menghasilkan income. Tapi bagi Anda yg bidang usahanya tidak banyak mengundang tamu datang maka sebaiknya Anda cukup menyewa kantor seadanya yang penting Anda dan karyawan Anda nyaman untuk bekerja. Karena kantor tempat kita bekerja seperti rumah kedua bagi kita.
5. Faktor Pajak.
Jika Anda membeli ruang kantor maka Anda tidak perlu membayar pajak (Ppn 10%) dari harga sewa yang  jumlahnya cukup besar setiap bulannya.

Jadi kalo boleh saya simpulkan disini, pertimbangan untuk memutuskan menyewa atau membeli ruang kantor hampir sama dengan pertimbangan untuk memutuskan menyewa atau membeli rumah. Jika Anda ingin membeli ruang kantor Anda harus memikirkan masak-masak benar mengenai lokasi dan kemungkinan pertumbuhan bisnis Anda di masa datang. Sama halnya seperti membeli rumah, Anda harus memikirkan lokasi yang nyaman untuk keluarga Anda dan kemungkinan bertambahnya anggota keluarga di dalam keluarga Anda.
Semoga artikel ini dapat diterima dengan baik oleh reader sekalian dan dapat membantu reader dalam memutuskan untuk membeli atau sewa kantor Jakarta. Salam Sukses !!

Categories: Artikel

Comments are closed.