Salam kenal sahabat Jakarta yang sukses, nama saya Sunny Anggraheni, saya disini ingin membagi pengalaman saya sebagai seorang Leasing Officer, semoga artikel saya ini dapat membantu sahabat Jakarta yang ingin menyewa ruang kantor.

Mencari dan menyewa ruang kantor adalah suatu pekerjaan yang tidak mudah, bagi sahabat Jakarta yang berprofesi sebagai GA ataupun HRD yang mungkin dimandatkan oleh perusahaan Anda untuk mencari ruang kantor maka Anda dapat merasakan betapa ribetnya mencari ruang kantor.

Mungkin beberapa hal ini yang menjadi pertimbangan Anda :

1. Lokasi

Yang perlu diperhatikan adalah lokasi kantor Anda, sebaiknya memilih lokasi yang bebas 3 in 1 ataupun seandainya lokasinya 3 in 1, pilihlah Gedung yang memiliki akses belakang, ataupun Gedung yang sudah bekerjasama dengan pihak kepolisian setempat sehingga karyawan dari Gedung tersebut dibebaskan dari 3 in 1, cukup dengan menunjukan ID Card Anda.

Lalu perhatikan juga transportasi bagi karyawan Anda, apakah Gedung yang Anda pilih mudah untuk dijangkau oleh para karyawan Anda yang menggunakan jasa angkutan umum.

Bila aktivitas perusahaan Anda banyak bolak balik ke Bandara, maka pilihlah gedung yang dekat ataupun gedung yang mudah untuk masuk tol bandara.

2. Biaya

 

A. Biaya sewa : sebaiknya pilih Gedung dengan biaya sewa dalam Rupiah, karena jika dalam USD ada kekhawatiran jika rate USD mengalami kenaikan maka biaya sewa pun naik mengikuti rate, kecuali jika Gedung sudah mematok rate USD, misal di Rp 9500 per 1 USD nya. Biaya sewa biasanya dibayarkan per 3 bulan dimuka untuk masa sewa minimal 3 tahun. Jika Anda berniat untuk menyewa langsung 5 tahun, maka harga di tahun ke 4 dan 5 biasanya akan naik sekitar 10%. Jika perusahaan Anda sudah established ada baiknya Anda menyewa langsung 5 tahun agar harga sewa sudah ditetapkan diawal, sehingga menghindari kenaikan harga sewa kantor yang semena-mena oleh pemilik Gedung.

B. Security deposit

Biaya security deposit adalah biaya jaminan untuk gedung, biasanya 3 bulan dimuka tanpa Ppn. Tujuan dipungutnya biaya ini oleh gedung adalah untuk pegangan mereka seandainya Anda early termination maka security deposit Anda dihanguskan oleh Gedung. Atau misalnya semasa Anda menyewa Anda menimbulkan kerusakan atau tidak melunasi biaya yang ditagihkan, maka Gedung akan menghanguskan atau memotong security deposit Anda. Tapi sebaliknya jika Anda sewa sampai akhir masa sewa maka security deposit Anda akan dikembalikan sepenuhnya.

C. Service charge

Service charge adalah biaya yang meliputi keamanan, kebersihan, maintenance gedung. Untuk beberapa Gedung ada yang sudah meliputi AC bahkan listrik selama office hour gedung. Service charge biasanya dibayarkan per tiga bulan juga seperti rental charge.

D. Biaya Listrik

Biasanya Gedung-Gedung baru listrik nya menggunakan KWH Meter yang terpisah, sehingga pembayaran listrik Anda sesuai pemakaian Anda. Tarif listrik yang digunakan adalah tarif Gedung bukan tarif PLN. Gedung akan mengirimkan invoice nya setiap bulan kepada Anda.

E. Biaya Telepon

Anda dapat memilih nomor telepon yang sudah disediakan oleh Gedung, biasanya akan ada deposit telepon per 1 linenya, misal Rp 3.500.000, deposit ini sama halnya dengan security deposit yang berguna untuk jaminan Gedung jika Anda tidak melunasi tagihan telepon Anda. Pembayaran biaya telepon dapat dibayarkan langsung kepada Telkom sesuai pemakaian Anda.

F. Biaya Internet

Gedung biasanya sudah bekerjasama dengan beberapa provider seperti Biznet, CBN, Lintas Artha ataupun Speedy, dsbnya. Anda hanya bisa menggunakan internet yang providernya sudah bekerjasama dengan gedung. Biaya internet dibayarkan langsung kepada provider sesuai pemilihan paket kecepatan yang Anda pilih.

G. Biaya Parkir

Untuk gedung sewa biasanya tidak memberikan free parkir, kecuali mungkin Anda menyewa dengan luasan besar dan nego dengan pihak Gedung agar dapat memberi free parkir. Biaya parkir langganan bulanan yang biasanya yang tersedia di Gedung, ada juga yang per tiga bulan.

H. Biaya renovasi / fitting out

Biaya fit-out tergantung dari pemilihan material, banyaknya ruangan, besarnya area. Biasanya biaya per m2 adalah Rp 3-5 juta per m2.

 

3. Luas area sewa

Besarnya area sewa yang Anda butuhkan tergantung dengan banyaknya karyawan Anda, rasionya adalah 1:10 yakni 1 orang karyawan membutuhkan 10 m2 untuk kenyamanannya bekerja.

4. Jangka waktu sewa

 

Jika Anda baru memulai usaha Anda maka sebaiknya Anda menyewa 1 tahun dulu agar tidak rugi kalau2 usaha Anda tidak berjalan lancar. Tapi jika usaha Anda sudah established ada baiknya Anda langsung menyewa untuk jangka panjang agar Anda dapat menentukan harga sewa Anda dimuka.

Saya rasa hal2 tersebut diatas yang menjadi perhatian Anda untuk dipertimbangkan, semoga dapat membantu Anda yah sahabat Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

Categories: Artikel

Comments are closed.