Rumah bukan saja dapat digunakan untuk tempat tinggal, namun di jaman sekarang ini banyak juga para sahabat Jakarta yang menjadikan rumah sebagai tempat usaha mereka. Mulai dari usaha skala kecil, menengah sampai dijadikan kantor. Apalagi bagi Anda yang kebetulan rumahnya terdapat di daerah yang cukup strategis, maka tidak ada salahnya Anda memulai usaha dari rumah.

Memang terkadang ada resiko bila rumah dijadikan tempat usaha, Anda menjadi kerja tak ingat waktu sehingga waktu untuk keluarga berkurang, kemungkinan niat orang jahat pun semakin besar karena aktivitas dirumah Anda dapat diketahui orang lain, belum lagi privasi Anda bisa saja terganggu bila tempat usaha Anda jadi satu dengan rumah tempat tinggal Anda.

Namun terdapat juga keuntungan jika rumah Anda dijadikan tempat usaha, dari segi biaya tentu saja dapat menghemat banyak, Anda tidak perlu keluar rumah untuk bekerja sehingga Anda dapat menghemat ongkos, makan siang pun dapat dirumah sehingga tidak perlu jajan, dari sisi waktu juga Anda dapat menghemat karena tidak perlu berpacu dengan kemacetan di Jakarta.

Belakangan ini makin banyak ruko alias rumah toko dibangun di Jakarta, kenapa ruko bisa bertebaran dibangun ? karena pasti karena banyaknya permintaan. Ada lagi rukan alias rumah kantor yang hampir sama dengan ruko. Ruko ataupun rukan biasanya 2-4 lantai, bank biasanya memilih ruko sebagai salah satu alternatif untuk membuka cabang mereka.

Yang paling modern dan baru-baru ini banyak di Jakarta adalah SOHO, salah satunya yang terbaru adalah SOHO milik Agung Podomoro di Jakarta Barat disamping Mall Central Park, SOHO ini mengadaptasi dari luar negeri, modelnya lebih modern mirip apartment bertingkat.

Bagi sahabat Jakarta yang rumahnya mungkin kurang strategis untuk dijadikan kantor atau mungkin Anda tidak mau privasi nya terganggu dengan menjadikan satu antara kantor dan rumah Anda, maka tidak ada salahnya Anda menyewa rumah untuk dijadikan kantor Anda.

Kelebihan dari menyewa rumah sebagai kantor adalah sebagai berikut :

1. Lebih hemat biaya

Jika aktivitas usaha Anda sering bekerja hingga malam maka Anda tidak perlu membayar overtime seperti di gedung perkantoran, dari sisi jam kerja lebih fleksibel jika dirumah. Anda tidak perlu membayar biaya service charge, Anda cukup menggaji OB untuk membersihkan kantor Anda dan security bilamana diperlukan untuk menjaga keamanan kantor Anda.

2. Tidak perlu fitting out

Ruangan2 yang sudah tersedia dirumah tersebut dapat Anda maksimalkan penggunaannya sehingga Anda tidak perlu  menegluarkan biaya untuk renovasi. Jika Anda menyewa kantor di Gedung perkantoran, maka yang tersedia bisa saja dalam kondisi bare sehingga Anda perlu renovasi lagi dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, setelah masa sewa berakhir Anda juga harus mengembalikan ke kondisi semula dan tentu saja harus keluar biaya lagi. Nah jika Anda sewa rumah, maka biaya renovasi dapat ditekan asalkan Anda memilih rumah dengan kondisi yang layak pakai yah, biasanya Anda cukup memperbaiki sedikit saja, lalu tinggal membeli meja kursi kerja dan peralatan kantor lainnya.

3. Parkir

Sekarang ini tarif biaya parkir di perkantoran sangat mahal dan tentu saja hal tersebut memberatkan Anda maupun karyawan Anda. Nah jika Anda menyewa rumah maka tidak ada biaya parkir yang perlu Anda bayar, memang mungkin lahan parkir lebih sedikit daripada di gedung perkantoran, tapi jika hal itu masih dapat dicari solusinya.

Jika ada kelebihan pasti ada kekurangan juga, berikut ini kekurangan dari menyewa rumah sebagai kantor :

1.  Kurang bergengsi

Bagi Anda yang aktivitas usahanya sering mengundang tamu untuk meeting di tempat Anda atau jika usaha Anda butuh ruang kantor yang representative maka Anda sebaiknya tidak menyewa rumah sebagai kantor Anda, karena bagi sebagian orang menganggap kantor yang di gedung perkantoran akan lebih bergengsi dibanding di rumah.

2. Kurang Aman

Walaupun Anda sudah mempekerjakan security di rumah kantor Anda namun tetap saja hal itu kurang aman. Karena biasanya security tidak memiliki metal detector ataupun walkthrough sensor yang dapat mennyensor bila tamu kantor Anda membawa bom, lalu juga bahaya kebakaran mungkin saja dapat terjadi karena tidak ada sprinkler dan smoke detector di dalam ruang kantor.

3. Kurang support

Yang saya maksud kurang support disini adalah tidak adanya teknisi yang tersedia 24 jam jika terjadi kerusakan pada alat kerja Anda, jika di gedung perkantoran support tsb mereka sediakan 24 jam sehingga aktivitas kerja kita tidak terganggu. Tidak support genset 100 % juga dapat mengganggu aktivitas kerja Anda pada saat listrik dari PLN padam, dimana biasanya gedung perkantroran sudah 100% back up genset nya.

Demikian beberapa point dan review yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi sahabat Jakarta sekalian dalam mempertimbangkan menyewa rumah sebagai ruang kantor Anda.

Categories: Artikel

Comments are closed.